Selasa, 07 April 2009

SEMAK DURI JADI RAJA

Lalu kata segala pohon itu kepada semak duri: Marilah, jadilah raja atas kami! (Hakim-hakim 9:14)

Bacaan Alkitab hari ini adalah perumpamaan yang menggambarkan situasi ketika Abimelekh dinobatkan menjadi raja di Sikhem. Dikisahkan, pohon- pohon di sebuah hutan sedang memilih raja. Mereka datang ke Pohon Zaitun dan memintanya menjadi raja, tetapi dengan berbagai alasan Pohon Zaitun menolaknya. Begitu pula ketika mereka datang ke Pohon Ara dan Pohon Anggur, kedua pohon itu juga menolak. Akhirnya, mereka datang ke Semak Duri. Semak Duri bersedia menjadi raja. Namun, ketika Semak Duri yang menjadi raja, maka terbakarlah seluruh hutan itu.

Kita kerap kali mendengar bagaimana gereja sulit sekali mencari orang yang mau menjadi anggota Majelis Jemaat atau anggota pengurus bidang pelayanan tertentu. Hal ini terjadi bukan karena tidak adanya orang- orang yang potensial, tetapi lebih karena orang-orang yang potensial menolak dengan berbagai alasan. Kadang alasannya memang bisa dipahami—misalnya, masih terikat komitmen atau tanggung jawab yang lain, tetapi tidak jarang alasannya sama sekali tidak bisa ditoleransi; seperti tidak mau repot, tidak mau capek, tidak mau peduli, atau bahkan merasa percuma, tidak ada untungnya. Akibatnya, seperti dalam perumpamaan di atas, "Semak Duri" (baca: orang yang tidak sepatutnya) yang kemudian menjadi "raja".

Maka, marilah kita singsingkan lengan baju untuk ambil bagian dalam pelayanan di gereja. Jangan hanya jadi penonton. Betul, kita tidak perlu mencari-cari jabatan di gereja, tetapi kalau tanggung jawab itu datang, sebisa mungkin jangan menolak. Tuhan menanti karya Anda.

TUHAN PASTI SUDAH MEMPERTIMBANGKAN KETIKA MEMILIH ANDA

Hakim-hakim 9:8-15

8 Sekali peristiwa pohon-pohon pergi mengurapi yang akan menjadi raja atas mereka. Kata mereka kepada pohon zaitun: Jadilah raja atas kami!

9 Tetapi jawab pohon zaitun itu kepada mereka: Masakan aku meninggalkan minyakku yang dipakai untuk menghormati Allah dan manusia, dan pergi melayang di atas pohon-pohon?

10 Lalu kata pohon-pohon itu kepada pohon ara: Marilah, jadilah raja atas kami!

11 Tetapi jawab pohon ara itu kepada mereka: Masakan aku meninggalkan manisanku dan buah-buahku yang baik, dan pergi melayang di atas pohon-pohon?

12 Lalu kata pohon-pohon itu kepada pohon anggur: Marilah, jadilah raja atas kami!

13 Tetapi jawab pohon anggur itu kepada mereka: Masakan aku meninggalkan air buah anggurku, yang menyukakan hati Allah dan manusia, dan pergi melayang di atas pohon-pohon?

14 Lalu kata segala pohon itu kepada semak duri: Marilah, jadilah raja atas kami!

15 Jawab semak duri itu kepada pohon-pohon itu: Jika kamu sungguh- sungguh mau mengurapi aku menjadi raja atas kamu, datanglah berlindung di bawah naunganku; tetapi jika tidak, biarlah api keluar dari semak duri dan memakan habis pohon-pohon aras yang di gunung Libanon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar